Komenterian Pendidikan, Kebudayaan,
Risat, dan Teknologi
TUJUAN
+ Pemangku kepentingan mampu merefleksikan capaian kemajuan
pendidikan di daerahnya pada akhir tahun ajaran.
+ Pemangku kepentingan memiliki rencana dan komitmen tindak lanjut
untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerahnya.
+ Pemangku kepentingan saling berbagai peran, berinteraksi, dan
berkolaborasi.
+ Meningkatkan motivasi satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan terkait
dalam menjalankan program transformasi di satuan pendidikan.
+ Pemangku kepentingan mampu mereplikasi kegiatan forum secara
mandiri dan berkelanjutan.
Komenterian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Telnolog!
Agenda
e Orientasi Kelas
e Melihat kembali Sekolah Impian
e Refleksi dan berbagi praktik baik Sekolah Penggerak
+ Membuat Strategi untuk mewujudkan sekolah impian
e (Rencana) Aksi nyata: Menyusun rencana tindak
lanjut (kolaborasi daerah)
0 Kementerian Pondidkan, Kubudayaan,
i
Yuk berkenalan
. Carilah minimal 3 teman baru
. Lakukan saling berkenalan, tanyakan nama, instansi
bekerja, dan bagaimana perasaannya hari ini
Kamanierian Pondidkan, Kebudayaan,
Risot, dan Teknologi
Kesepakatan Sesi
HP silent
JAGA
KEBERSIHAN
Bernartisivasi Aktif selama
Kementerian Pondidkan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologi
SEKOLAH IMPIAN
Gambarkanlah sekolah impian yang Bapak/lbu ingin
wujudkan
(poster, deskripsi, gambar, atau bentuk lainnya)
Lakukanlah dengan pendekatan aset artinya kita lebih
banyak menggali apa yang sudah kita punya dan bekeria
berdasarkan apa yang kita punya untuk mewujudkan mimpi
atau impian kita bukan hanya sekedar menyelesaikan
masalah. Kita melihat mimpi lebih besar dari masalah
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologi Buat PPT 1 slide utk
praktik baik
Kementerian Pondidkan, Kebudayaan,
Risat, dan Teknclog!
o Implementasi kurikulum Merdeka.
o Perencanaan berbasis data,
oDigitalisasi sekolah melalui
o Platform Merdeka Mengajar, Arkas, Tanya
BOS, SipLah
o Aspek lain yang relevan
(TUGAS LK 1 Lampiran) aa
Komenterian Pendidikan, Kebudayaan,
Risat, dan Teknologi
Kementerian Pondicikan, Kabudayaan,
Risot, dan Teknologi
Membuat Strategi
o Peserta merumuskan fokus perubahan yang ¡ica Wee
tahun ajaran yang akan datang agar sekolah impian dapat
terwujud,
o Peserta merumuskan langkah-langkah yang
agar sekolah impian dapat terwujud melalBi i
kurikulum Merdeka, perencanaan berbasi
seholah, dan aspek lain yang relevan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologl
Menyusun Strategi
Peserta menuliskan strategi detail dan konkret yang da an Ze“
Apa langkah-langkah yang perlu dilakukan agar “on ian dal
Apa saja kolaborasi yang perlu terjadi agar sekolah impian dapat terwujud?
Bagaimana Bapak dan Ibu bisa melibatkan pihak lain untuk terlibat aktif dalam rencana-
metaplan)
Pastikan jawaban peserta konkret dengan menca
kapan.
e Semua komitmen ditempelkan pada kertas plano.
Kementerian Pondidkan, Kebudayaan,
Risot, dan Teknologi
Kesimpulan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Risat, dan Teknologi
Beberapa pertanyaan untuk pandua
menyimpulkan
Bagaimana kriteria sekolah impian yang bapak/ibu wujudkan?
p
, Apa yang sudah dilakukan sekolah terkait dengan pelaksanaan 4 tema?
. Praktik baik apa yang dilakukan oleh guru, kepala sekolah, pengawas & orang tua?
u
. Potensi apa yang dimiliki sekolah yang menjadi faktor pendukung dalam mewujudkan sekolah
impian?
>
. Apa perubahan positif yang terjadi?
wn
5. Tantangan apa yang dihadapi?
6. Faktor apa saja yang menjadi penghambat?
7. Bagaimana tindak lanjut yang akan dilakukan?
Kementerian Pendidkan, Kebudayaan,
Risat, dan Teknclogl
Mari kita Refleksi mw Ri
Apa yang sudah kita lakukan selama
pertemuan?
Bagaimana perasaan Bapak dan Ibu selama
forum?
Apa yang telah dipelajari dari forum?
Apa yang selanjutnya perlu dilakukan oleh,
Bapak dan Ibu?