FORUM PEMANGKU KEPENTINGAN ADAFAFAFAFFPK.pptx

muhanur 9 views 16 slides Jul 24, 2024
Slide 1
Slide 1 of 16
Slide 1
1
Slide 2
2
Slide 3
3
Slide 4
4
Slide 5
5
Slide 6
6
Slide 7
7
Slide 8
8
Slide 9
9
Slide 10
10
Slide 11
11
Slide 12
12
Slide 13
13
Slide 14
14
Slide 15
15
Slide 16
16

About This Presentation

dsGSEAGEHEsh


Slide Content

Kementerian Pondidkan, Kabudayaan,

FORUM PEMANGKU
KEPENTINGAN

Program Sekolah Penggerak
2023

Komenterian Pendidikan, Kebudayaan,
Risat, dan Teknologi

TUJUAN

+ Pemangku kepentingan mampu merefleksikan capaian kemajuan
pendidikan di daerahnya pada akhir tahun ajaran.

+ Pemangku kepentingan memiliki rencana dan komitmen tindak lanjut
untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerahnya.

+ Pemangku kepentingan saling berbagai peran, berinteraksi, dan
berkolaborasi.

+ Meningkatkan motivasi satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan terkait
dalam menjalankan program transformasi di satuan pendidikan.

+ Pemangku kepentingan mampu mereplikasi kegiatan forum secara
mandiri dan berkelanjutan.

Komenterian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Telnolog!

Agenda

e Orientasi Kelas

e Melihat kembali Sekolah Impian

e Refleksi dan berbagi praktik baik Sekolah Penggerak
+ Membuat Strategi untuk mewujudkan sekolah impian

e (Rencana) Aksi nyata: Menyusun rencana tindak
lanjut (kolaborasi daerah)

0 Kementerian Pondidkan, Kubudayaan,
i

Yuk berkenalan

. Carilah minimal 3 teman baru

. Lakukan saling berkenalan, tanyakan nama, instansi
bekerja, dan bagaimana perasaannya hari ini

Kamanierian Pondidkan, Kebudayaan,
Risot, dan Teknologi

Kesepakatan Sesi

HP silent

JAGA
KEBERSIHAN

Bernartisivasi Aktif selama

Kementerian Pondidkan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologi

SEKOLAH IMPIAN

Gambarkanlah sekolah impian yang Bapak/lbu ingin
wujudkan

(poster, deskripsi, gambar, atau bentuk lainnya)

Lakukanlah dengan pendekatan aset artinya kita lebih
banyak menggali apa yang sudah kita punya dan bekeria
berdasarkan apa yang kita punya untuk mewujudkan mimpi
atau impian kita bukan hanya sekedar menyelesaikan
masalah. Kita melihat mimpi lebih besar dari masalah

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,

Riset, dan Teknologi Buat PPT 1 slide utk
praktik baik

Refleksi dan Ney
Berbagi Praktik te
Baik
© Peserta merefleksikan hal-hal baik yang sudah terjadi,
dirasakan atau disaksikan terkait implementasi
kurikulum Merdeka, perencanaan berbasis data,
digitalisasi sekolah, dan aspek lain yang relevan,
® Peserta saling memaparkan refleksi dan berbagi
praktik baik.

© Peserta merefleksikan kembali gambaran sekolah
impian yang sudah mulai terwujud,

Kementerian Pondidkan, Kebudayaan,
Risat, dan Teknclog!

o Implementasi kurikulum Merdeka.
o Perencanaan berbasis data,
oDigitalisasi sekolah melalui
o Platform Merdeka Mengajar, Arkas, Tanya
BOS, SipLah
o Aspek lain yang relevan
(TUGAS LK 1 Lampiran) aa

Komenterian Pendidikan, Kebudayaan,
Risat, dan Teknologi

Perkembangan Sekolah

Impianku [eer] nz

© Peserta melihat kembali kriteria gambaran sekolah impian
yang sudah disusun di sesi sebelumnya.

© Peserta diminta melihat kaitan praktik baik yan
dilakukan dengan gambaran sekolah impian.

© Peserta menuliskan dari praktik baik yang suda
masuk ke bagian untuk mendukung sekolah
kriteria yang mana.

© Sejauh mana sekolah sudah mewujudkan sekola
dalam 1 tahun ini)

(tulis pada stiky note, tempel pada plano) =

Kementerian Pondicikan, Kabudayaan,
Risot, dan Teknologi

Membuat Strategi

o Peserta merumuskan fokus perubahan yang ¡ica Wee

tahun ajaran yang akan datang agar sekolah impian dapat
terwujud,

o Peserta merumuskan langkah-langkah yang
agar sekolah impian dapat terwujud melalBi i
kurikulum Merdeka, perencanaan berbasi
seholah, dan aspek lain yang relevan

© Peserta memetakan kolaborasi yang perlu
impian dapat terwujud,

e (plano- kolaborasi) a

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologl

Menyusun Strategi

Peserta menuliskan strategi detail dan konkret yang da an Ze“
Apa langkah-langkah yang perlu dilakukan agar “on ian dal
Apa saja kolaborasi yang perlu terjadi agar sekolah impian dapat terwujud?
Bagaimana Bapak dan Ibu bisa melibatkan pihak lain untuk terlibat aktif dalam rencana-

rencana ini?
© RTL yang sudah disusun dalam kelompok akan menjadi pega k melakukan realisa 6 bulan
ke depan oleh masing-masing satuan pendidikan,
IX}

© RTLdifokuskan pada 4 hal yaitu:
Implementasi Kurikulum Merdeka
Perencanaan Berbasis Data
Digitalisasi Sekolah
Aspek lainnya
* Peserta juga memetakan hambatan/tantangan yang m
dukungan dari pemerintah daerah

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologi

Komitmen Individu

© Peserta membuat komitmen bersama-sama. A

© Tuliskan pada kertas metaplan kepada masing-masing peserta.
© Pertanyaan, “Apa yang akan Bapak dan Ibu lakukan sebagai individu untuk mendukung RTL
di masing-masing sekolah?"

metaplan)
Pastikan jawaban peserta konkret dengan menca
kapan.
e Semua komitmen ditempelkan pada kertas plano.

Kementerian Pondidkan, Kebudayaan,
Risot, dan Teknologi

Kesimpulan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Risat, dan Teknologi

Beberapa pertanyaan untuk pandua
menyimpulkan

Bagaimana kriteria sekolah impian yang bapak/ibu wujudkan?

p

, Apa yang sudah dilakukan sekolah terkait dengan pelaksanaan 4 tema?

. Praktik baik apa yang dilakukan oleh guru, kepala sekolah, pengawas & orang tua?

u

. Potensi apa yang dimiliki sekolah yang menjadi faktor pendukung dalam mewujudkan sekolah
impian?

>

. Apa perubahan positif yang terjadi?

wn

5. Tantangan apa yang dihadapi?
6. Faktor apa saja yang menjadi penghambat?

7. Bagaimana tindak lanjut yang akan dilakukan?

Kementerian Pendidkan, Kebudayaan,
Risat, dan Teknclogl

Mari kita Refleksi mw Ri

Apa yang sudah kita lakukan selama
pertemuan?
Bagaimana perasaan Bapak dan Ibu selama
forum?
Apa yang telah dipelajari dari forum?
Apa yang selanjutnya perlu dilakukan oleh,
Bapak dan Ibu?

=

9

y |

Au AY
ul

Kementert a Kebudayaan,
Risa, dan Teknoogi

Rencana Aksi
Nyata

Kerjakan RTL
LK AKSI NYATA